-->

Kabaharkam Polri Irjen Pol Fadil Imran: Polri Siap Mengamankan KTT ASEAN ke-43


 

Jakarta - FBINEWS 


Kepolisian Republik Indonesia (Polri) intensif mempersiapkan pengamanan KTT ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta. Irjen Pol Fadil Imran, Kabaharkam Polri, menyampaikan kesiapan Polri dalam pengamanan tersebut dalam keterangannya kepada wartawan.


Irjen Fadil Imron menyebutkan Polri telah melakukan sejumlah tahap persiapan yang melibatkan 6182 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polda Banten, dan Polda Jawa Barat. Hal ini dimulai dengan kegiatan pendahuluan, seperti gladi posko dan TFG (Tactical Floor Game) , yang diikuti oleh apel gelar pasukan bersama Panglima TNI dan Kapolri.


"Polri sudah mempersiapkan pengamanan dengan baik mulai dari tahap persiapan yang kemarin sudah kita lalui melalui kegiatan pendahuluan dalam bentuk gladi posko kemudian TFG dan kemarin bersama Bapak Panglima TNI dan Pak Kapolri sudah dilaksanakan apel gelar pasukan sejauh ini seluruh kekuatan yang terdiri dari 6182 personil gabungan dari Mabes Polri Polda Metro Jaya dan Polda Banten serta Polda Jawa Barat sudah tergelar siap mengamankan jalannya KTT ASEAN yang ke-43,"


Lebih lanjut Irjen Fadil menyebutkan dalam pengamanan KTT ASEAN, Polri akan berada di "Ring 3" dalam sistem pengamanan, yang bertugas menjaga kelancaran arus lalu lintas dan mengamankan rute delegasi.


"Kami Polri berada di sini dan bertugas di Ring 3. Seluruh personel, termasuk 8 Satgas yang terlibat, seperti Satgas premitif, preventif, pengamanan, pengawalan, rombongan, Satgas penegakan hukum, Satgas humas, bantuan operasi, dan Satgas anti-teror, telah bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing." Ungkap Irjen Fadil


Irjen Pol Fadil Imran juga menekankan penggunaan teknologi dalam pengamanan, seperti monitoring intensif dengan teknologi terkini untuk mengawasi kawasan dan merekam aktivitas yang mungkin mengancam. Selain itu, Polri berkolaborasi dengan masyarakat untuk memastikan pengamanan berjalan dengan baik.


Polri telah merancang operasi dengan sandi "Operasi Tribrata Jaya 2023" yang mencakup kegiatan monitoring, pencegahan, dan penegakan hukum yang terukur. Irjen Pol Fadil Imran juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mensukseskan pengamanan acara ini.


Dalam konteks pengawalan delegasi, Polri juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas yang bersahabat, menjaga kenyamanan tamu, dan mengedepankan keselamatan mereka. Irjen Pol Fadil Imran juga menyebut bahwa masyarakat telah diajak berpartisipasi dan diberikan sosialisasi terkait KTT ASEAN ini.


Irjen Pol Fadil Imran menutup konferensi persnya dengan harapan agar KTT ASEAN ke-43 berjalan lancar, aman, dan kondusif, serta memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia atas kerjasama yang baik dalam mendukung acara ini.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here