-->

Polda Kalbar Laksanakan Kegiatan Pelepasan Kontigen Jambore Nasional Da'i Desa Madani Parmusi Kalbar Tahun 2023

 


PONTIANAK, KALBAR – FBINEWS

Kapolda Kalbar Irjrn Pol Pipit Rismanto S.IK., M.H., melalui Karo SDM Polda Kalbar Kombes Pol Sugiarto, S.H., S.IK., M.Si.,  melepas Kontingen Jambore Nasional Da'i Desa Madani Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 dengan Tema "Memperkokoh persaudaraan umat untuk meneguhkan persatuan dan pembangunan bangsa melalui Desa Madani”, yang dilaksanakan di Masjid An-Nur Polda Kalbar, pada Senin (25/9)Kemarin.


Turut hadir dalam acara tersebut Dirintelkam Polda Kalbar Kombes Pol Enggar Broto Seno, S.IK., M.Si., Ketua Parmusi Provinsi Kalbar ustadz Syahrun beserta para Pengurus Parmusi Kalbar dan Kontingen Parmusi Kalbar sebanyak 65 orang.




Dalam amanat Kapolda Kalbar yang disampaikan oleh Karo SDM, dikatakannya bahwa esensi dari seorang Da'i atau tokoh agama adalah figur penting yang dapat dijadikan panutan bagi masyarakat, yang dapat mengajarkan ilmu agama serta menjadikan contoh Ahlakul Korimah yang baik dan terpuji.


"Kami memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya, dengan kehadiran organisasi masyarakat persaudaraan muslim indonesia (Parmusi), kehadiran Da’i di setiap wilayah sangat dibutuhkan, terlebih Kalimantan Barat memiliki karakteristik wilayah yang luas, dengan jumlah 2.145 desa, ada yang terpencil, di perbatasan dan di pulau terluar," Kata Karo SDM Polda Kalbar.


Ia juga menjelaskan bahwa jambore nasional da'i desa madani Parmusi merupakan kegiatan rutin setiap 5 tahun sekali, dengan rangkaian kegiatan selama 6 hari, mulai dari tanggal 25 s/d 30 September 2023 yang akan dipusatkan di Taman Nasional Gunung Pangrango Cibodas Jawa Barat dengan peserta sekitar 5.000 orang dari seluruh Indonesia.


"Laksanakan kegiatan Jambore Nasional dengan sebaik-baiknya, untuk menambah experience dan capacity building Agar Da'i dapat berperan aktif dalam mencegah paham radikalisme dan intoleran, pencerahan dan edukasi yang baik kepada masyarakat, khususnya warga pelosok desa, dengan harapan bahwa Da'i dan Ormas Parmusi menjadi representasi Polri dalam menjaga Harkamtibmas serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa" kata Karo SDM polda Kalbar.


Parmusi Kalbar yang saat ini diketuai oleh  ustadz Syahrun pada tahun ini mengirimkan sebanyak 63 orang da'i. Tahun 2023 rencananya akan dibuka secara resmi oleh bapak Presiden RI, serta nantinya juga akan dihadiri bapak Kapolri dan Menkopolhukam untuk memberikan materi dalam kegiatan tersebut.


Dalam sambutannya Ustadz Syahrun berterimakasih kepada Kapolda Kalbar yang sudah berkomunikasi dan berkoordinasi guna mendukung Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) untuk dapat menghadiri Jambore Nasional Da'i Desa Madani Parmusi Tahun 2023 di Cibodas Bogor Prov. Jawa Barat.


"Kami akan memberangkatkan sebanyak 65 orang untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Terdapat 1 peserta Parmusi yang sudah berangkat ke Cibodas Bogor, 1 peserta bagian dari Kontingen Parmusi Provinsi Kalbar yang sudah masuk dalam babak Final perlombaan Kallam, selanjutnya dengan moment yang bahagia ini berkenan kiranya Bapak Kapolda Kalbar yang diwakili oleh Karo SDM Polda Kalbar dapat melepas keberangkatan kami ini, " tutup ustadz Syahrun.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here