-->

Polri Siapkan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Amankan Pemilu Serentak 2024

 


Jakarta - Fbinews

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Mantap Brata 2023-2024" dalam rangka pengamanan pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024. Operasi ini akan berlangsung selama 222 hari, mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon presiden dan calon wakil presiden, kampanye, masa tenang, pemungutan suara serta perhitungan suara, penetapan hasil pemilu, pengucapan sumpah janji anggota DPR, DPD, dan DPRD, serta pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden.


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas, dan banops.


"Pola operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas, dan banops. Sehingga terwujud situasi kamtibmas yang kondusif diseluruh wilayah kesatuan republik indonesia," kata Brigjen Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/9/2023).


Operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Mohammad Fadil Imran selaku kaops dan dibantu oleh Dankor Brimob Polri Komjen Pol. Anang Revandoko selaku wakaops.


Di tingkat Mabes Polri terdapat sembilan satgas, di tingkat Polda tujuh satgas, dan di tingkat Polres ada enam satgas. Sementara itu, Satgasops pusat terdiri dari satgas preemtif, satgas preventif, satgas tindak, satgas gakkum, satgas pam capres dan cawapres, satgas anti teror, satgas pengamanan TPS luar negeri, satgas humas, dan satgas banops.


Selain itu Brigjen Ramadhan mengatakan pola pengamanan di atur sesuai tingkat kerawanan.


"Pola pengamanan TPS diatur sesuai dengan tingkat kerawanan yaitu TPS kurang rawan, TPS rawan, dan TPS sangat rawan," Ujar Brigjen Ramadhan.


"Jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 yaitu Mabes Polri 2.130 personel dan kekuatan personel Polda disesuaikan dengan anggaran ops mantap brata 2023-2024 yang bersumber dari APBN t.a. 2023-2024 yang ada di masing-masing polda dan polres." Sambung Brigjen Ramdhan.


Ramadhan berharap, Operasi Mantap Brata 2023-2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman sehingga masyarakat dapat melaksanakan pemilu serentak tahun 2024 dengan tenang dan nyaman.

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here