-->

Wakapolri Pimpin Upacara Purna Tugas Kontingen Gharba Satgas FPU 4 Minusca


 
Jakarta - FBINEWS 


Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen. Pol. Agus Andrianto memimpin Upacara Purna Tugas Kontingen Gharba Satgas FPU 4 Minusca serta Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Bhakti Buana di Rupattama Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/9).

Dalam amanatnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan oleh Wakapolri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh personel Kontingen Gharba Satgas FPU 4 Minusca yang telah melaksanakan tugas misi perdamaian dunia dengan baik dan lancar.

"Kedamaian sejati dan keadilan sosial diwujudkan melalui partisipasi dan kontribusi Indonesia dalam misi perdamaian PBB. Seluruh kontingen yang hadir, misi ini telah membuat bangga bagi negara kita Indonesia karena telah meraih banyak penghargaan yang diakui oleh dunia karena telah menjaga perdamaian dan keamanan dunia," kata Kapolri.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri juga menyampaikan bahwa negara memberikan penghargaan Satyalancana Bhakti Buana kepada personel yang berjasa dalam melaksanakan tugas.

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel Polri untuk terus meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Kapolri.

Dalam upacara tersebut, sebanyak 128 personel Kontingen Gharba Satgas FPU 4 Minusca menerima penghargaan Satyalancana Bhakti Buana dari Presiden Republik Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI yang diwakili Inspektur Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI Kolonel Laut (P) Heru Supriyanto M.M., M.Mar., Kasubdit Perdamaian dan keamanan Kemenlu RI, Irwasum Polri, Kabaharkam Polri, Kalemdiklat Polri Assdm Polri, Kadivhubinter Polri serta Pju Mabes Polri.

Tentang Satgas FPU

Formed Police Unit (FPU) Indonesia adalah satuan tugas Polri yang secara administratif pembinaan berada di bawah Biro Misi Internasional (Romisinter)[1] Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri. Namun secara operasional, FPU Indonesia berkedudukan di bawah misi PBB.

Satgas FPU Indonesia telah diterjunkan ke berbagai misi perdamaian PBB di seluruh dunia, termasuk di Afrika Tengah, Sudan, dan Lebanon.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo melepas Tim Satgas Garbha FPU 5 Minusca di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/23) lalu. Terdapat 140 personel Polri yang diberangkatkan menuju Afrika Tengah.

Dalam sambutannya, Jenderal Sigit berpesan agar semangat selalu digelorakan anggota Satgas agar pelaksanaan misi berjalan dengan optimal dan perdamaian selalu digelorakan. Satgas perdamaian dunia ini, ujar Kapolri, kini bertugas mengimplementasikan perjanjian damai antarpihak berkonflik, kekerasan seksual, terorisme, radikalisme, hingga pelanggaran hukum.

“Untuk itu keberhasilan misi menjadi harga mati yang harus diperjuangkan. Melalui misi ini rekan-rekan diharapkan berkontribusi terhadap stabilitas keamanan dan penyelesaian konflik di tempat penugasan, serta meningkatan internasional trust terhadap Indonesia,” ujar Kapolri di Lapangan Bhayangkara, Selasa (19/9/23).*

 Advertisement Here
 Advertisement Here