-->

Jelang Pelaksanaan KTT AIS 2023, Kakorlantas Polri Buka Lat Pra Operasi Tribrata Agung 2023

 



Bali - FBINEWS



Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Bagus Putra memimpin dan membuka langsung Latihan Pra Operasi Tribrata Agung-2023 yang mengusung tema “Meningkatkan Kemampuan Personel Polri Dalam Rangka Pengamanan Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Negara Pulau dan Kepulauan Archipelagic and Island States (AIS) tahun 2023 Guna Tercapainya Situasi yang Aman dan Kondusif” di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Bali, pada Rabu (4/10).




Dalam sambutannya Kakorlantas Polri menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan internasional KTT AIS merupkan agenda prioritas nasional dan menjadi tanggung jawab TNI, Kepolisian, serta stakeholder terkait dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan rangkaian kegiatan KTT AIS yang akan berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2023, dan bertempat di Nusa Dua, Bali.




“Yang pertama latihan pra operasi itu biasa kita laksanakan menjelang operasi-operasi yang akan kita lakukan untuk memastikan pengecekan kekuatan, karena ini berada di luar lokasi beberapa satuan kerja yang kita mintakan bergabung tentunya ini menjadi sarana untuk konsolidasi,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.




Dalam hal ini, Irjen Pol Firman Shantyabudi menambahkan seluruh anggota yang akan dilibatkan pada satgas yang sudah dibentuk menurut struktur organisasi memiliki satu pemahaman yang sama dan tentunya nanti akan melihat secara langsung di lapangan untuk memastikan kelancaran pada saat nanti pengamanan.




“Secara umum kita tentunya berjalan dari penyiapan masyarakat yang kita menjemput dengan preemtif untuk memastikan Bali dan masyarakatnya siap menerima tamu, tetap sama-sama menjaga situasi yang kondusif, ini penting kita sebagai tuan rumah untuk memastikan Kamtibmas di sini untuk mendukung kegiatan KTT AIS yang akan dilaksanakan,” tegas Kakorlantas Polri.




Terdapat segi preventif dimana nanti dari Polisi Satwa, Sabhara yang patroli dengan penjagaan-penjagaan juga akan digelar, termasuk Polisi Lalu Lintas yang nanti akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, salah satunya dengan penyiapan jalur, merekayasa beberapa titik apabila ada khusus pengalihan arus.




“Kita berharap di sini ada kerjasama yang baik antara kita dengan masyarakat yang nanti akan melalui jalan yang sama tentunya ketika rombongan akan menuju atau kembali ke satu lokasi yang akan digunakan oleh selama kegiatan itu bisa berjalan dengan baik sisi kelancaran lalu lintasnya,” tutup Irjen Pol Firman Shantyabudi.




Selanjutnya, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Irjen Pol Bagus Putra juga mengunjungi langsung 91 Command Center ITDC Nusa Dua Bali untuk memastikan langsung kegiatan pemantauan yang sudah terintegrasi melalui Command Center guna mewujudkan Kamseltibcarlantas selama pelaksanaan KTT AIS di Bali.




Irjen Pol Firman Shantyabudi juga berdiskusi langsung dengan Kaskogab TNI Angkatan Laut terkait persiapan pengamanan yang akan diterapkan saat berjalannya KTT AIS.*


 Advertisement Here
 Advertisement Here