-->

Kabaharkam Polri Ajak Warga Bali Bersatu untuk Sukseskan KTT AIS Forum 2023

 




Bali - FBINEWS 


Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran mengajak partipasi aktif masyarakat, khususnya warga Bali dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 di Bali pada 10-11 Oktober. 


"Kami mengharapkan partisipasi aktif masyarakat. Bali terkenal dengan kearifan lokal untuk mengamankan wilayah-wilayah oleh sebab itu, kami yakin pengamanan ini bisa berjalan dengan baik," kata Fadil di Bali, Sabtu (7/10/2023). 


Fadil menyebut kehadiran AIS Forum 2023 di Bali menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Bali, dan Polri telah melakukan persiapan yang ketat untuk memastikan keamanan acara ini. Operasi pengamanan yang diberi nama 'Tribrata Agung' melibatkan ribuan personel Polri.


"Ini kebanggan bagi kita," tegas Fadil. 


Fadil mengingatkan bahwa ini bukanlah event pertama yang dihadapi oleh Indonesia, tetapi merupakan yang keempat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk G20 di Bali, KTT ASEAN di Labuan Bajo, dan KTT ASEAN di Jakarta. Oleh karena itu, pentingnya kerjasama yang erat antara TNI, Polri dn masyarakat dalam menjaga keamanan acara ini. 


Total 4.038 personel Polri dikerahkan untuk operasi ini, dengan 1.863 personel berasal dari Mabes Polri dan 2.220 personel lainnya dari Polda Bali. Operasi Tribrata Agung akan berlangsung selama enam hari, mulai dari tanggal 8 hingga 13 Oktober, dan mencakup seluruh wilayah hukum Polda Bali, terutama di lokasi kegiatan KTT AIS Forum 2023.


Operasi ini akan difokuskan pada tindakan preemtif dan preventif, serta didukung oleh penegakan hukum, siber, interpol, dan kehumasan untuk memastikan keamanan acara. Polri akan bertanggung jawab atas pengamanan objek kegiatan dan penginapan para kepala negara peserta, serta para menteri negara-negara yang hadir dan delegasi.


Dalam situasi darurat, Polri juga telah merencanakan rencana kontinjensi dalam Operasi Aman Nusa I, II, dan III. Selain itu, 160 personel dan kendaraan akan dikerahkan untuk pengawalan VVIP oleh Paspampres.


Untuk memantau semua aktivitas pengamanan, Polri akan menggunakan Command Center 91 ITDC Nusa Dua sebagai posko kegiatan pengamanan KTT AIS Forum 2023, yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memantau pergerakan personel, kendaraan, jalur komunikasi, serta aplikasi internal dan eksternal yang relevan.


KTT AIS 2023, dengan tema 'Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future,' akan fokus pada pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara-negara pulau dan kepulauan.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here