-->

Mantapkan Kesiapan Jelang Pemilu 2024, Polda Sulbar Gelar Sispamkota

 



Sulbar - FBINEWS 


Menjelang puncak pesta demokrasi 2024, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat terus memantapkan berbagai kesiapan pengamanan salah satunya dengan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).


Di depan hotel Maleo, Polda Sulbar bersama instansi terkait seperti TNI, KPU Provinsi Sulbar, Bawaslu, Dinas perhubungan, Satpol PP dan sebagainya terlihat melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota, Rabu (11/10/23).


Kabid Humas Kombes Pol Syamsu Ridwan menyebutkan Sispamkota adalah upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan Pemilu nantinya.


Simulasi pengamanan yang diperagakan dalam kegiatan tersebut juga beragam, seperti skenario situasi hijau dimana personel tetap melaksanakan tugasnya seperti biasa contohnya patroli maupun himbauan kamtibmas untuk memastikan situasi tetap kondusif selama masa pemilu 2024.


Tak hanya itu, juga diperagakan pengawalan VIP kandidat calon yang melakukan kampanye di wilayah Mamuju, kemudian penanganan jibon serta simulasi penanganan di TPS.


Simulasi lainnya dimana personel dari Dit Samapta dan Brimob Polda Sulbar menggunakan pakaian anti huru hara dan kendaraan taktis memperagakan tehnik penanganan massa unjuk rasa yang anarkis.


Sementara itu, Kapolda Sulbar, Irjen. Pol. Adang Ginanjar yang hadir langsung menyaksikan kegiatan tersebut mengungkapkan Sispamkota ini merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa dalam rangka menguji kesiapsiagaan personil kepolisian khususnya di wilayah hukum Polda Sulbar.


Intinya melalui momentum kita mengajak semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban, deteksi dini menjadi salah satu bukti kewaspadaan guna mewujudkan situasi yang tetap Aman dan kondusif selama masa pemilu 2024," ungkap Kapolda.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut yang mewakili PJ. Gubernur, Kajati, Kabinda, Ketua DPRD Provinsi, Ketua KPU, Bawaslu dan seluruh tamu undangan lainnya.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here