-->

Kapolda Babel Minta Personel Polri Netral Dalam Pemilu 2024

 




Pangkalpinang - FBINEWS 


Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, meminta seluruh personel Polri di wilayah hukumnya untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini disampaikan dalam Commander Wish Kapolda kepada seluruh pejabat utama polda dan kapolres jajaran di gedung tribrata polda babel, Senin (30/10/2023).


Dalam Commander Wish tersebut, Kapolda menekankan beberapa hal, di antaranya adalah tulus melayani, bisa menjadi teladan, tidak diskriminatif, melindungi sepenuh hati, menegakkan hukum yang berkeadilan, dan menjaga netralitas dalam pemilu tahun 2024.


"Personel Polri harus netral dalam pemilu. Jangan sampai terlibat dalam politik praktis, menunjukkan tendensi dukungan kepada salah satu pihak, menggunakan atribut atau simbol bernuansa politik, serta menggunakan fasilitas dinas untuk kegiatan kampanye," tegas Kapolda.


Kapolda berharap Commander Wish ini dapat menjadi pedoman bagi seluruh personel Polri di wilayah hukum Polda Babel dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kapolda juga berharap agar terjalin sinergitas yang baik antara satuan kerja dan jajaran Polres/ta di wilayah hukum Polda Babel sehingga dapat berkolaborasi dalam menjaga harkamtibmas di wilayah Bangka Belitung dan membuat masyarakat merasa aman dan nyaman.


Kapolda menyampaikan bahwa kita sebagai anggota polri harus melaksanakan tugas dengan penuh semangat dalam melayani masyarakat, yaitu dengan cara.


- Melayani dengan hati yang tulus tapa pamrih

- Melayani dengan ikhlas dan penuh kerelaan

- Memenuhi kebutuhan masyarakat

- Terapkan prinsip pelayanan modern (Mudah, Cepat, Tepat, Gratis dan Tuntas).


Selain sebagai anggota polri kita juga selaku kepala keluarga harus bisa menjadi tauladan bagi keluarga, karena kita berasal dari sebuah keluarga dan ciptakan keluarga yang harmonis. Penegakan hukum dalam penyelidikan terhadap tersangka


Kapolda juga menegaskan tidak ada anggota yang bermain dengan wewenang tugas seperti :


- Rekayasa kasus

- Makelar kasus

- Transaksional (pungli)

- Tidak Profesional

- Pelanggaran upaya paksa

- Rekayasa penerapan pasal dan fakta yang terjadi

- Penyalahgunaan narkoba

- Backing tindak pidana


Kepada personel poli yang ada di Polda Kep. Babel ini diharapkan jalani tugas dengan baik dengan masyarakat, kita sebagai anggota poli harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tulus dengan memberikan pelayanan, pelindung, pengayom dan penegak hukum yang benar, hal yang perlu diperhatikan dalam Harkamtibmas adalah 


- Jangan ada anggota yang melakukan pungli


- Jangan pernah melanggar SOP


- Jangan lengah ataupun lalai dalam penjagaan Mako karena kejahatan bisa saja terjadi didalam Mako polisi sendiri


- Jangan lalai dalam melakukan penjagaan terhadap tahanan


- Jangan menyalah gunakan wewenang dalam kepemilikan senjata api untuk bertindak


- Setiap personel poli harus menunjukkan sikap waspada dan siaga dalam kondisi dan situasi apapun.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here