-->

Siap Amankan Pemilu 2024, Personel OMB Polda Papua Barat Gelar Gladi Simulasi Sispamkota

 


Papua Barat - FBINEWS


Kepolisian Daerah Papua Barat melaksanakan gladi simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pemilihan umum tahun 2024 yang bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua Barat. Kamis, (30/11/23).


Simulasi pengamanan dilakukan mulai dari mengamankan kampanye yang damai hingga anarkis, para personel yang terlibat dalam serangkaian pengamanan terhadap peserta kampanye yang berada di lapangan simulasi


Kemudian dilanjutkan dengan pengamanan dari berbagai kemungkinan gangguan keamanan saat tahapan kampanye, proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, hingga proses penghitungan dan rapat pleno di kantor KPU Provinsi Papua Barat.


Dalam kesempatan itu, diperlihatkan juga simulasi dalam menanggulangi aksi massa saat proses penghitungan suara di titik-titik rawan seperti kantor KPU, dan kawasan pusat pemerintahan serta bisnis dengan mengedepankan urutan penanganan mulai dari mediasi, pengamanan defensif, sampai pada penguraian massa dengan meriam air dan gas air mata.


Karo Ops Polda barat Kombes Pol Erick Kadir Sully S.I.K selaku Karendalopsda Operasi Mantap Brata mengatakan bahwa kegiatan simulasi di lakukan untuk mempersiapkan kesiapan personel dalam rangka mengamankan pemilu 2024 di wilayah Papua Barat dan PBD.


“Simulasi ini dilakukan apabila terjadi pada saat pemilu nanti, dengan demikian kesiapan sudah matang tinggal kita berdoa agar pemilu Indonesia khususnya daerah Papua Barat dan PBD bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar sebagaimana harapan kita semua” ucap Karo Ops.


Senada dengan hal tersebut Kabid Humas Polda Papua Barat Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi,S.I.K.,M.H mengatakan Simulasi Sispamkota yang dilaksanakan ini juga merupakan evaluasi awal tentang sejauh mana kesiapan kita dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dan gangguan yang mungkin akan terjadi pada setiap tahapan pemilu tahun 2024.


"Hari ini personil melaksanakan gladi Sispamkota Pelatihan simulasi Sispamkota bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktis dan teknis kepolisian personel polda papua barat dilapangan sehingga dapat memiliki pedoman serta petunjuk yang jelas dalam pelaksanaan tugas di lapangan dan mampu mengemban tugas pokok di masing-masing satgas" jelas Kabid Humas.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here