-->

Plt. Bupati Halmahera Selatan Resmikan Pameran UMKM dan Produk Lokal Kecamatan Bacan Timur Tengah


 


Halsel - Fbinews 


Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Produk Lokal Desa Lingkup Kecamatan Bacan Timur Tengah 2023, digelar dilapangkan Gedung Serbaguna Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Senin (04/12/2023).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Ardiani Rajilun, Camat Bacan Timur Tengah, Hari Purnomo Trisnadi, ST. Ketua TP PKK Keamatan Bacan Timur Tengah, beserta jajaran perangkat lainnya.



Hasil produk Lokal Desa dari 7 desa di Kecamatan Bacan Timur Tengah turut dijajakan didalam kegiatan tersebut, makanan siap saji seperti aneka jajanan pasar, Keripik, dan cemilan dari produk olahan seperti pisang, singkong, keladi dan berbagai produk lainnya.


Hasil Kerajinan dari desa pun turut dijajakan, seperti Tikar, Saloi, Salawaku dan berbagai macam jenis anyaman lainnya.

Camat Bacan Timur Tengah, Hari Purnomo Trisnadi, ST mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu visi misi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Selatan, dimana harus inovatif dan kreatif untuk membuat sebuah kegiatan dimana untuk mengundang masyarakat luar untuk datang. Setiap Desa harus punya Produk Unggulan, “One Village One Product”.


Hari Purnomo menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu Implementasi Fokus Reformasi Birokarsi Tematik, yaitu Pengentasan Kemiskinan, Peningkatan Investasi, sebagaimana telah diamanatkan dalam Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 3 dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2023 melakukan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020 – 2024.


" Pada kesempatan itu, Plt Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, juga mendatangi langsung stand-stand UMKM yang ada di dalam kegiatan Pameran Produk UMKM dan Produk Lokal Desa Lingkup Kecamatan Bacan Timur Tengah 2023.

“Saya sudah memasuki 7 stand yang ada di Kecamatan Bacan Timur Tengah ini, sangat luar biasa sekali disini, para kepala desanya pun sangat kreatif dan mempunyai suatu inovasi dari hasil-hasil UMKM dan Produk Lokal dari desanya, ini menunjukkan bangkitnya pertumbuhan ekonomi di desa-desa, di Kecamatan Bacan Timur Tengah khusus untuk Halmahera Selatan Selatan,” ucapnya.


Bupati Halmahera Selatan juga mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu program, dimana bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di setiap Desa dan Kecamatan, baik itu potensi wisata, UMKM, pertanian maupun kesenian dan budayanya.

(LM)

 Advertisement Here
 Advertisement Here