-->

Cooling System Ciptakan Pemilu Damai, Polres Siak Tinjau Lokasi Banjir Dan Turun Langsung Beri Bantuan Evakuasi Warga


 

Riau - FBINEWS


Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini mengakibatkan bencana banjir di beberapa lokasi wilayah kabupaten Siak, Provinsi Riau. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah kabupaten siak pada saat ini.


Menyikapi hal ini , AKBP Asep Sujarwadi, S.I.K., M.S.I. selaku Kapolres Siak bertindak responsif untuk turun langsung meninjau lokasi banjir yakni kampung Muara Bungkal dan Muara Kelantan di kecamatan Sei.Mandau, Selasa (02/1/2024).


Dalam peninjauan lokasi banjir ini, Kapolres Siak juga di dampingi oleh Dandim 0322 Siak,Sekda Kabupaten Siak, pejabat – pejabat daerah kabupaten siak lainnya dan beberapa pejabat utama Polres Siak.


AKBP Asep Sujarwadi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan merupakan wujud kepedulian pihak kepolisian dan pemerintah daerah kabupaten siak kepada masyarakat yang terdampak banjir.


“Bencana banjir yang melanda di beberapa titik lokasi di kabupaten siak ini akan menjadi atensi kami dari Polres Siak dan Pemerintah daerah kabupaten siak. Serta kami akan selalu bersinergi dengan TNI untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada masyarakat yang terkena dampak banjir”, Jelas Asep Sujarwadi.


Kapolres Siak dan beberapa orang pejabat pemerintah kabupaten siak terlihat turun langsung mengevakuasi warga, dengan menggunakan perahu karet milik Pol Airud, warga satu persatu di evakuasi menuju tenda darurat milik BPBD yang telah disediakan.


“Kami juga memberikan atensi dan perintahkan langsung kepada personel polres siak, untuk selalu siap siaga menyikapi bencana banjir yang melanda, mengutamakan keselamatan masyarakat itu yang paling utama”, ungkap asep lagi.


Lokasi kampung yang terkepung banjir menempuh jarak lebih kurang 1,5 Jam perjalanan darat dan dilanjutkan menaiki perahu karet menuju lokasi banjir lebih kurang 1,5 kilometer. Maka untuk evakuasi warga terdampak banjir, lebih kurang berjarak sejauh 1,5 KM s/d 2,5 KM kilometer ke tempat yang lebih aman menggunakan perahu karet milik Pol Airud.


Selain itu, disela – sela kegiatan evakuasi warga, Kapolres Siak juga memberikan penyuluhan singkat kepada masyarakat tentang peduli pemilu damai tahun 2024 yang tidak lama lagi berlangsung. Hal ini di anggap perlu demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.


Ia juga menyampaikan bahwa jelang pesta demokrasi ini, masyarakat harus bijak menyikapinya, jangan mudah percaya dengan isu – isu yang berkembang, maupun berita – berita Hoax yang menyebar di media sosial yang belum tentu kebenarannya.


“Walaupun dalam suasana bencana banjir, kami tidak pernah bosan menyampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di kabupaten siak, agar jangan mudah terpancing dengan isu atau berita hoax yang tersebar, dan kami juga berharap pergunakan lah hak pilihnya secara bijak dan jangan Golput”,


Kegiatan ini berlangsung sampai sore harinya dan ditutup dengan memberikan bantuan sembako berupa beras,telor,mie instan dan lain – lain kepada masyarakat yang terdampak banjir. Terlihat jelas rasa haru dan ungkapan terimakasih dari warga kepada Kapolres Siak dan kepada seluruh pejabat pemerintah kabupaten siak yang ikut turun di lokasi banjir pada saat itu.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here