-->

Operasi Ketupat 2024, Dankorbrimob Hadiri Apel Gelar Pasukan Di Silang Monas


Jakarta - FBINEWS

Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat 2024”.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si., di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat pada Rabu (3/4/2024) Pagi.

Dalam apel gelar pasukan dihadiri oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M., serta para pejabat Mabes Polri dan Mabes TNI.

Kemudian, Dankorbrimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., didampingi Danpas Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si., juga turut hadir mengikuti jalannya apel gelar pasukan tersebut.

Apel diawali dengan pengecekan pasukan kemudian dilanjutkan penyematan pita tanda operasi oleh pimpinan apel kepada perwakilan dari Polisi Militer, Brimob, Polisi Lalu Lintas, dan Dinas Perhubungan.

Pada kesempatan tersebut Kapolri menyampaikan bahwa TNI-Polri bersama Stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 Personel gabungan selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Republik Indonesia.

“TNI-Polri bersama Stakeholder terkait akan melaksanakan operasi Ketupat 2024 dengan melibatkan 155.165 Personel gabungan, kemudian telah disiapkan sebanyak 5.781 Posko untuk pengamanan, palayanan, dan terpadu,” ujar Kapolri.

“Operasi ini diharapkan dapat mampu menciptakan keamanan, keselamatan, serta kenyamanan arus lalu lintas sehingga mudik lebaran berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Terakhir, Kapolri mengatakan sinergi serta koordinasi terhadap Satgas pusat dan Satgas daerah harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman. 

Perlu diketahui, Korps Brimob Polri tergabung dalam Satgas 5 Tindak. Sebanyak 4280 Personel Korps Brimob terdiri dari 425 Personel Korbrimob dan 3855 Personel Satbrimob Polda terlibat dalam Operasi Ketupat 2024 kali ini.

Kemudian dalam Satgas 5 Tindak tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) Subsatgas yakni Subsatgas Aksi Khusus, Subsatgas PRC, dan Subsatgas SAR.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here