-->

HUT Brimob Ke-73, Ratusan Personel Polda Bali Karya Bhakti di Areal Pura Lempuyang Luhur




Bali - FBINews

Sebanyak 250 personel gabungan terdiri Brimob, Sabhara dan Polres Karangasem melaksanakan karya bhakti di sekitar Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Jumat (16/11) pagi. Ratusan personel ini memungut sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh masyarakat disepanjang jalan utama menuju Pura Lempuyang Luhur.

Para personel yang terlibat dalam karya bhakti ini sudah dilengkapi dengan peralatan, seperti kantong plastik dan sapu. Sebelum melaksanakan kegiatan, seluruh personel yang beragama Hindu melaksanakan persembahyangan bersama. 

Kasat Brimob Polda Bali, Kombes Pol. Yopie Indra Prasetya Sepang, S.I.K. mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Korps Brimob Polri ke-73 tahun 2018. Selain itu, karya bakti ini juga sebagai tindak lanjut dari perintah lisan Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose pada saat acara syukuran HUT Korps Brimob di Polda Bali beberapa waktu lalu.   

Dalam pelaksanaannya, seluruh personel dibagi tugasnya sesuai peralatan yang dibawa. Ada yang bertugas memungut dan ada yang membawa tempat sampah. “Seluruh sampah plastik itu dibawa turun sampai areal parkir,” kata Kombes Pol. Yopie Indra Prasetya Sepang, S.I.K.

Perwira lulusan Akpol tahun 1995 ini menjelaskan bahwa apa yang dilakukannya merupakan bentuk nyata dari Polri dalam menjaga kehidupan di dunia ini, sesuai dengan konsep Tri Hita Karana. Dimana manusia harus menjaga hubungan dengan Tuhan-nya (Parahyangan), alam lingkungannya (Palemahan) dan dengan sesamanya atau manusia (Pawongan). 

Pura Lempuyang Luhur tidak hanya ramai dikunjungi oleh umat Hindu yang akan melaksanakan persembahyangan. Pura Sad Kahyangan yang memiliki 1.700 anak tangga ini ternyata ramai dikunjungi para wisatawan yang memiliki hobi traking. 

“Kawasan pura harus tetap bersih untuk menjaga kesucian pura itu sendiri. Selain itu, apabila sudah bersih, maka wisatawan yang datang ke Bali khususnya ke Pura Lempuyang Luhur akan bertambah,” imbuhnya.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat Bali untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan,” sambung Kasat Brimob.

Source : Humas Polda Bali

 Advertisement Here
 Advertisement Here