2018/12/03

PKS Dan Gerindra Batal Bahas Wagub DKI

Tags


JAKARTA – FBINews

Rencana pertemuan antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Gerindra untuk membahas calon Wagub DKI Jakarta pada Selasa (4/12/2018) dipastikan kembali batal.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Syarief, yang tengah mengikuti Bimtek (pelatihan/bimbingan teknis) di Semarang, Jawa Tengah.

“Saya sudah komunikasi dengan Pak Syakir (Ketua DPW PKS DKI, Syakir Purnomo) ditunda minggu depan,” kata Syarif dikonfirmasi wartawan, Senin (3/12/2018).

Syakir, lanjut Syarif, telah sepakat untuk meninda kembali pertemuan. Namun demikian, dia belum bisa memastikan jadwal ulang pertemuan PKS dan Gerindra tersebut Syarif berharap sebelum ada kegiatan kunjungan kerja lain yakni antara Senin sampai Rabu minggu depan.

Terkait masih ada perbedaan pendapat antara Gerindra dan PKS dalam memutuskan calon wagub DKI Jakarta Syarif menilai adalah hal yang wajar. Dengan pertemuan nanti diharapkan ada kesamaan pikiran antar dua partai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilgub DKI 2017 itu.

“Kalau pengenalan kan sudah dikenal ya kan. Yang kita inginkan mencari kriteria pengganti Pak Sandi yang sedang disepakati bersama. Ini mau dicari calon terbaik supaya bisa kedua belah pihak tuh sepakat,” tandas Syarif.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengadakan pertemuan dengan Partai Gerindra untuk membicarakan soal proses pencarian wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Sebab, meski kedua partai sepakat untuk mengadakan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan bagi kandidat wagub DKI, namun hingga kini proses tersebut belum juga bisa terlaksana lantaran belum dibentuknya tim seleksi yang jelas.

Nah yang penting kita kan akan mengundang tanggal 4 Desember itu ke kantor PKS. Di situlah mungkin ada pembicaraan-pembicaraan lebih lanjut. Jadi kira-kira unek-uneknya Gerindra apa, PKS apa,” kata Suhaimi di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, jumat (30/11/2018).

Sejauh ini, ada dua nama yang disebut-sebut bakal menjadi tim seleksi dari PKS yakni Suhami sendiri dengan Ketua DPW PKS Syakir Purnomo. Namun, mengenai dua nama itu Suhaimi mengakui bahwa dirinya dan Syakir masih belum memiliki Surat Keputusan (SK) sehingga nama-nama tersebut bisasaja berubah.

PKS sendiri sudah mengusung dua nama untuk menjadi kandidat wagub DKI Jakarta yakni Ahmad Syaiku dan Agung Yulianto, sementara nama lain belum ada pembahasan. Hingga saat ini, belum ada kesepakatan antara PKS dan Gerindra mengenai kapan akan dilakukan fit and proper test. Diharapkan segera dilakukan agar kursi DKI 2 segera terisi.

Wahyudin


EmoticonEmoticon