-->

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Rapat Lintas Instansi, Bahas Lanjutan 2-1 dan Car Free Night Jalur Puncak


Bogor  – Fbinews.net

Dalam rangka terwujudnya Kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Bogor, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor melaksanakan rapat analisa dan evaluasi  forum lalu lintas angkutan jalan serta rapat lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun baru 2020.

Rapat lintas instansi ini berlangsung di aula Nurul Affandi Polres Bogor Selasa (3/12/2019). Pada pertemuan yang dipimpin Kabag Ops Polres Bogor dan Kasat Lantas Polres Bogor ini hadir perwakilan dari Ditlantas Polda Jabar, Kasat Lantas Polres Cianjur, Kasat lantas Polres Sukabumi.

Hadir pula, Kasat lantas Polresta Bogor Kota serta instansi terkait lainnya seperti BPTJ, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Satpol PP Kabupaten Bogor, Dinas PUPR, Dansubdenpom, Jasa Raharja, Diskominfo, BPBD, Jasa Marga, Damkar Kabupaten Bogor dan PHRI.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri mengatakan, ada dua point penting yang dibahas dalam kegiatan tersebut. Yang pertama, pelaksanaan uji coba kembali system 2-1 di jalur puncak yang rencana akan dilaksanakan pada hari Sabtu depan tanggal (07/12/2019).

Terkait ujicoba tahap ke dua ini, sosialisasi pelaksanaan kegiatan dilakukan secara massif baik melalui media cetak, media elektronik maupun media sosial.

“Rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan ujicoba tahap dua dimulai pukul 06.30 WIB. Apel kesiapan pengamanan, penempatan traffic cone dilakukan siang hari. Pada pukul 07.00 WIB dilakukan penutupan arus kendaraan dari arah atas (Cianjur) ke bawah di titik pending pangasoan. Kemudian pukul 12.00 WIB penormalan arus kendaraan, pemasangan Traffic Cone, dan uji coba system 2-1 hingga pukul 16.00 WIB,” kata AKP Fadli.

AKP Fadli menegaskan, yang menjadi pembeda dengan uji coba pertama adalah, petugas tetap memberlakukan one way di pagi hari karena memang arus kendaraan yang naik pada hari Sabtu pagi itu lebih banyak.

Namun di siang hari arus kendaraan yang turun tidak sebanyak minggu sehingga uji coba 2-1, bisa dilakukan. Harapan dari ujicoba tahap dua ini, bisa lancar, sehingga tidak ada kendaraan yang tertahan dari tol Jagorawi yang hendak naik ke atas.

“Perlu informasi yang luas kepada pengguna jalan melalui media massa. Masyarakat harus tau bahwa di pagi hari dari jam 08.00 sd 12.00 berlaku one way naik. Lalu jam 12 hingga jam 16.00 ujicoba 2-1, dimana 2 lajur turun dan 1 lajur naik. Untuk persimpangan, akan kita rekayasa guna mengurangi crossing atau perpotongan,” ungkap AKP Fadli.

Sedangkan untuk point kedua yakni,  pelaksanaan Car free Night di jalur puncak yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB pagi tanggal 01 Januari 2020.

Penutupan tersebut dilakukan  di 6 titik penutupan yaitu Pos Interchange 1 B, SPBU patung ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari dan Gunung Mas.

Penutupan  arus lalu lintas di jalur puncak adalah salah satu upaya dari Satlantas Polres Bogor untuk menghindari overload kendaraan yang akan merayakan tahun baru di jalur Puncak.

Persiapan kegiatan Car free Night dimulai dengan sosialisasi kepada masyarakat baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media sosial.

“Sosialisasi dilakukan, agar masyarakat lebih mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan Car free Night. Dengan adanya Car Free Night, kami membatasi kendaraan yang akan menuju ke puncak  pada saat malam Tahun baru 2020 serta menghimbau kepada masyarakat yang akan mengarah ke puncak  untuk dapat mengikuti waktu penutupan tersebut,” ujar AKP Fadli.

AKP Fadli berharap, warga yang akan berlibur di puncak agar naik sebelum waktu penutupan. “Karena setelahnya tidak ada lagi kendaraan roda empat yang diberikan akses ke puncak. Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait yang tergabung dalam forum LLAJ Kabupaten Bogor termasuk juga PHRI,” ujar Fadli.

Kapolres Bogor, AKBP Muhammad Joni menegaskan, walau ini merupakan program tahunan, namun penjagaan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah bogor, khususnya puncak menjelang Natal dan Tahun Baru, menjadi skala prioritas Polres Bogor.

“Rekayasa jalur perlu, agar bermanfaat bagi semua golongan dan kepentingan” kata AKBP Joni sambil menambahkan, sosialisasi terkait jalur puncak, harus terarah, agar masyarkat mengetahui dengan jelas, saat dalam perjalanan liburannya.

Source : Poldametrojayadotinfo
 Advertisement Here
 Advertisement Here