-->

Atasi Banjir Daerah Perbatasan, Pemkab Tangerang dan Kota Tangerang Normalisasi Kali Sabi




Tangerang- fbinews.net


Atasi Banjir yang melanda Daerah Perbatasan, Pemkab Tangerang dan Kota Tangerang Normalisasi Kali Sabi, yang berlokasi di Kelurahan Bencongan Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.


Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budhi menjelaskan Saat ini pihaknya melaksanakan Normalisasi Kali Sabi, sebagai antisipasi penanganan banjir di wilayah Bencongan, perbatasan dengan wilayah Kota Tangerang.


Normalisasi ini, Sesuai arahan Pak Bupati agar Dinas Bina Marga dan Sumber daya air melakukan upaya untuk menangani atau meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Bencongan dengan berbagai macam upaya seperti normalisasi.


"Panjang sungai yang di normalisasi kurang lebih 1 900 M' dan lebar sungai 8 meter," ujar Slamet Budhi di lokasi, Senin (14/12/2020)




Ia lanjutkan pekerjaan normalisasi sudah berjalan 5 hari, mengerjakan pengerukan setiap harinya kurang lebih 100 meter untuk 1 alat berat, kita akan menurunkan 2 alat berat untuk 15 hari kerja untuk membersihkan dan mengeruk kali Sabi.


"setiap Musim hujan tiba, kali Sabi ini sering meluap, karena itu kami melakukan normalisasi terutama di titik simpul banjir mengeruk Lumpur yang dangkal," ujarnya 


Kabid SDA Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang H Dedi Sukardi menambahkan Normalisasi sungai kali Sabi, di RW.025, Kelurahan Bencongan Kecamatan Kelapa Dua, Rencana pelaksanaan 1,9 Km, lebar 8 m, Dengam Waktu rencana kerja 15 hari kalender. 


" Jumlah Alat berat yang kita turunkan untuk pengerukan kali Sabi ada 2 berjenis Ampibi berat 24 ton," ujar H Dedi yang senang olahraga Badminton ini.


Dilanjutkan H Dedi Sukardi menyampaikan untuk Kedalaman normalisasi kali Sabi yaitu kedalaman 5-8 Meter, Dengan variabel, tergantung titik sungainya, ada yang dalam ada juga yang tidak terlalu dalam.


Menurut Dedi, sebelumnya pak Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Didampingi Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Slamet Budhi dan Camat Kelapa Dua Prima Saras Puspa serta Lurah Bencongan, telah meninjau lokasi Kali Sabi pada tanggal 23 November 2020.


"Kunjungan ke Bencongan Kecamatan Kelapa Dua ini, untuk meninjau potensi-potensi kerawanan banjir yang nanti bisa menjadi masalah besar seperti awal tahun 2020 ( Januari-Februar 2020) apabila tidak bisa kita tangani sekarang. Di sini memang rawan terjadinya banjir tahunan karena bukan saja menyangkut Kabupaten Tangerang, tapi juga wilayah Kota Tangerang, dan Kementerian PU PR," Kata Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar(Ari/Rls)



 Advertisement Here
 Advertisement Here