-->

Gelar Rakor, 8 Media Anggota SMSI Lebak Susun Program Kerja


LEBAK -Fbinews.net


Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lebak menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Jum'at (8/1/2021)


Dalam rapat yang mengagendakan penyusunan program kerja SMSI Lebak tahun 2021 itu hadir pengurus, penasehat, 8 perusahaan media online yang menjadi anggota yaitu toptime.co.id, beritadesa.online, beritajuang.com, infodaerah.com, suaranusantaranews, bungasbanten, beritatopbanten, dan juaramedia.com.


Ketua SMSI Lebak, Achmad Syarif, dalam sambutannya berharap perusahaan media yang menjadi anggota bisa meningkatkan sisi pendapatan melalui google adsense.


"Pendapatan media online tidak lagi bergantung dari kerjasama dengan dinas dan swasta lagi. Kita harus bisa memanfaatkan google adsense, maka teknik penayangan berita harus benar-benar dikuasai," kata Syarif.


Dikatakan Ketua SMSI Lebak, sangat dibutuhkan adanya diskusi dan pelatihan tata kelola perusahaan, termasuk cara pelaporan pajak.


Semua media anggota SMSI kata Syarif harus berbenah untuk memenuhi persyaratan pendataan perusahaan pers oleh Dewan Pers agar terverifikasi.


"Kita harus bisa mengelola perusahaan secara profesional dan juga mendapatkan keuntungan dari usaha ini," kata dia.


Selain itu lanjut Syarif, SMSI Lebak harus membuat program untuk peningkatan kualitas wartawan yang bekerja di media anggota.


"Tahun 2021 harus diagendakan beberapa kali pelatihan jurnalis dan sistem teknologi informasi," kata dia.


Ketua Dewan Penasehat SMSI Lebak, yang juga menjabat sebagai Ketua PWI Lebak, Fahdi Khalid mengaku bangga di Lebak sudah ada SMSI.


kata Akew, PWI dan SMSI sama-sama sudah resmi menjadi konstituen Dewan Pers, sehingga bisa menggelar Uji Kompetensi Wartawan.


"Tolong diagendakan acara acara pelatihan agar perusahaan media anggota SMSI bisa meningkat kualitasnya," pesan Fahdi Khalid.


Salah satu pemilik media online di Lebak, Yayat Rismunadi mengaku sangat terbantu adanya organisasi media yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers.


"Keberadaan SMSI bisa menjadi sarana bagi kami untuk mengembangkan perusahaan media," kata Yayat owner media berita online juaramedia.com.


Sedangkan owner media infodaerah.com, Amsar Japung berharap SMSI bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah agar perusahaan anggota terutama yang baru berdiri bisa mendapat akses kerjasama.


"Kami juga butuh bimbingan bagaimana mengelola portal berita yang dikelola banyak pembacanya," harap Amsar.


Acara Rakor berlangsung dengan tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid 19. Peserta diwajibkan pakai masker dan menjaga jarak. (Ari)

 Advertisement Here
 Advertisement Here