-->

Pengamanan di Rutan Kelas llB Ternate Diperketat


   
TERNATE– FBI.News.net 

Pasca adanya insiden pelarian satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kasus pembunuhan atas nama Muhammad Kasin Hafel alias Upi dari Lapas Kelas IIA Ternate. Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Ternate, Provinsi Maluku Utara, bakal memperketat pengamanan. 

Kepala rutan kelas IIB Ternate, Sujatmiko saat di wawancarai wartawan mengatakan, proses pengamanan di rumah tahanan bakal di perketat, setelah kejadian pelarian napi tersebut.

"Kan ada kejadian yang mesti kita jadikan momen untuk berbenah, masalahnya di manapun tetap trendnya kaya menular gitu, untuk itu kita perlu antisipasi ketika ada masalah kaya gini, ini kita jadikan  pelajaran yang berharga agar tidak terjadi lagi di tempat lain" kata Sujatmiko kepada Media FBI.News.net, Kamis (26/8/2021).

Sujatmiko menuturkan, kejadian-kejadian seperti itu harus diambil pelajaran, jika kedepan terjadi hal serupa yang dialami Lapas Kelas IIA Ternate di Rumah Tahanan (Rutan) Ternate, tentunya harus diperiksa petugas.

"Jika masih bisa diberikan pembinaan kepada petugas tentunya kita lakukan pencegahan kepada petugas" tegasnya.

Menurut Sujatmiko, narapidana yang nekat kabur itu ada beberapa faktor, yaitu berhubungan dengan kedisiplinan, atau mungkin bisa jadi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebab tindakan tersebut tidak bisa berdiri sendiri seperti pengaruh banyak utang, atau akibat lingkungan yang membuat mereka jenuh, dan masih banyak faktor-faktor lainnya juga. 

"Untuk petugas yang berada di Rutan Ternate saat ini dapat dibilang cukup, jadi kita maksimal manejemen pengelolaannya saja," tandasnya. (ILONHI.M Marsaoly)
 Advertisement Here
 Advertisement Here