-->

Polri Lakukan Pengamanan Delegasi KTT ASEAN yang Menginap di Bali dan NTT



NTT - Fbinews

Presiden Jokowi telah resmi membuka KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5/2023).


Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pembukaan berjalan dengan lancar. Lancarnya pembukaan ini tidak terlepas dari peran pengamanan pengawalan dari Satgas III Walrolakir.


Satgas III Walrolakir memberikan pengawalan terhadap Kepala Negara Brunei Darussalam yang menginap di Bali, serta sejumlah delegasi yang menginap di NTT, menuju ke lokasi pembukaan acara KTT.


“Tadi pagi 07.45 WITA untuk Brunei ini mendarat langsung menuju ke Meurorah, langsung kita kawal, begitu juga dengan di Bali, juga diberlakukan sama untuk pengamanan Sultan Brunei ini, jadi pengamanannya berlaku pengamanan VVIP,” kata Aan yang juga Kasatgas III Walrolakir Operasi Komodo Terpusat 2023, Rabu (10/5/2023).


Aan menjelaskan, dalam pengamanan KTT Asean Summit keberhasilan jalannya pengawalan dan pengamanan mulai tadi pagi dan kemarin di Labuan Bajo, berkat informasi pusat kendali posko, baik Command Center Polri maupun pokso K3i Korlantas Polri. Dari informasi posko tersebut, kedatangan dan keberangkatan itu disampaikan kepada seluruh jajaran yang ada di rute ini.


“Tadi pagi alhamdulillah sudah berjalan lancar, Kepala Negara dari hotel masing-masing menuju ke venue ini bisa tepat waktu itu yang terpenting, tepat waktu dan tidak ada yang terlambat. Sepanjang jalan alhamdulillah lancar semua tidak ada hambatan,”


Aan menyatakan, Polri bersama dengan TNI akan memberikan pengamanan objek, termasuk rute dan pengawalan dari hotel menuju ke bandara begitu juga sebaliknya.


“Nanti malam setelah dinner untuk sultan Brunei ini akan kembali ke Bali. Itu pengamanan Kepala Negara yang ada diluar Labuan Bajo.

Pengawalan sudah disiapkan di Bali, pengamanan rute kita gunakan personel yang ada di Bali,” jelas Aan.


Pengamanan yang dilakukan Polri kepada para delegasi baik yang di Labuan Bajo maupun di Bali. Menurut Aan, pengendalian pengamanan tetap dari command center, serta bisa dikendalikan melalui aplikasi K3i.


“Dari command center sudah dapat terpantau semua termasuk Polres penyangga, kemudian Polda penyangga, ada Bali, NTB kemudian polres-polres sekitar Labuan Bajo itu semua terpantau dari command center,” ujar Aan.


Aan menambahkan, kesuksesan pembukaan KTT ASEAN Summit ini berkat adanya kerjasama masyarakat yang sudah mematuhi aturan lalu lintas yang diterapkan. Sehingga, perjalanan para delegasi dan kepala negara di sepanjang jalan aman dan lancar.


“Dengan sosialisasi yang kita berikan, memberikan petunjuk rambu-rambu arah yang kita lakukan sampai dengan hari ini, masyarakat sudah terbiasa dengan alur yang kita buat ini,” pungkasnya.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here