-->

Jabarkan Program Kapolri, Ini Pesan Kapolres Sragen; Anggota Wajib Miliki Tiga Hal Ini…

 


Sragen, Jateng – Fbinews

AKBP Jamal Alam mengapresiasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan anggota, tepat dihari ke 19 menjabat sebagai Kapolres Sragen.


Dalam arahannya, Kapolres juga menekankan tiga hal yang wajib dimiliki setiap anggota, diantaranya Sense Of Crisis, Sense Of Longing dan Sense of Responsibility, dalam mengimplementasikan program prioritas Kapolri serta program Polda Jateng hadir ditengah masyarakat.


Sense of Crisis dikatakan Kapolres, sebagai bentuk kepekaan anggota terhadap segala situasi, seperti halnya dimaksud dalam program prioritas Kapolri yang pertama, di mana marwah dari program prioritas Kapolri itu, setiap anggota harus memiliki kemampuan untuk memprediksi, kemampuan untuk memproyeksi segala hal yang akan mengarah kepada gangguan Kamtibmas.


“ Oleh karena itu sense of Crisis ini sangatlah penting, bagaimana kita semua memiliki rasa kepekaan, rasa kepedulian, rasa keingintahuan terhadap situasi apapun yang berkembang di masyarakat, “ tuturnya, Senin, (07/08/2023).


“Oleh karena itu, kemampuan Sense of crisis harus dimiliki oleh setiap anggota Polri, karena ini adalah Program Prioritas Kapolri yg pertana, yaitu kemampuan kita untuk mengalisa. Dan ini berlaku untuk semua rekan-rekan. Semua harus dapat tercover secara maksimal, dalam arti kata, tidak ada satu jarumpun jatuh ke tanah yang tidak kita ketahui, “ tandas Jamal.


“Selain memerintahkan setiap anggota harus bisa mengidentifikasi setiap permasalahan Kapolres juga berharap semua anggota bisa mendiaknosa setiap permasalahan, seperti memeriksa, mengecek, memperhatikan apa yang menjadi faktor penyebab, stimulus, Trigger dari sebuah masalah untuk dilakukan terapi perawatan ataupun pengobatan, bisa dalam bentuk perjanjian, kerjasama ataupun restoratif justice, sebagai bentuk penyelesaian permasalah yang ada, yang mewujudkan bahwa Polisi hadir di tengah-tengah masyarakat, problem solving atau pemecahan masalah seperti halnya kita ketahui bersama, bahwa tujuan hukum itu bukan hanya kepastian hukum, namun lebih pada kemanfaatan dari pada hukum itu sendiri, “


“Jadi permasalahan yang ada tidak harus diselesaikan secara hukum, yang terpenting adalah masyarakat itu merasakan adil, merasa bahwa hukum itu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, dan alternatif penegakan hukum adalah tindakan yang terakhir, “ tegasnya.


sejalan dengan semua itu, Kapolres berharap bahwa program Polda Jawa Tengah bisa Hadir di tengah-tengah masyarakat, termasuk diantaranya Polres Sragen Hadir, Polsek jajaran Hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti yang diharapkan Kapolda Jawa Tengah.


Dengan adanya Program Kapolda Jawa Tengah Hadir, Polres Sragen Hadir, Polsek jajaran Hadir ditengah-tengah warga yang sedang bermasalah, harapannya, program itu bisa membantu meringankan, mengurangi ataupun memecahkan permasalahan itu sendiri.


Program Kapolres yang kedua Sense of Longing, yakni rasa memiliki. Dengan rasa memiliki ini, Kapolres berharap seluruh anggota akan dapat bekerja secara profesional secara proporsional, dalam arti kata bahwa semua anggota harus memiliki rasa bahwa Polres Sragen ini adalah milik kita, keluarga kita, jadi wajib bagi kita membangun citra Polres Sragen dimata masyarakat.


“Sehingga ketika kita sudah memiliki sense of longing, anggota Polri tidak akan melakukan hal-hal yang menyimpang, akan malu melakukan hal-hal yang menyimpang, karena merasa bahwa kita ini adalah bagian dari Polres Sragen, yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga citra , harkat dan martabat seorang anggota Polres Sragen, “


Yang ketiga diungkapkan Kapolres, yakni Sense of Responsibility, yang artinya memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa amanah atas jabatan sebagai anggota Polri yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, agar kemudian hari kita tidak menyesali atas kinerja kita yang kurang baik.


“ Selama kita berdinas, tolong itu digunakan dengan baik pak. Akan ada masanya kita pensiun, baru kita menyesal, kenapa kita tidak bisa menunjukan yang terbaik bagi institusi, “


“akan ada saatnya, orang yang memiliki rasa tanggung jawab yang baik, maka Insyaallah kariernya baik, keluarganya baik, anak-anaknya baik, karena apa. Tanggungjawab yang sudah diberikan, dilakukan secara tulus dan ikhlas, yang berdampak pada semua bidang. Oleh karena itu, kita yang masih dipercaya mengemban amanah, harus bisa baik pada institusi dan masyarakat, “ pungkas Kapolres.

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here