-->

Kapolda Metro Jaya dan Kapolres Jakpus Datangi Museum Nasional - Olah TKP Pihak Kepolisian dan Puslabfor



Jakarta - Fbinews

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mendatangi lokasi kebakaran di mana terjadi di Gedung A Museum Nasional, Jakarta Pusat. Ia didampingi Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.


Sabtu (16/9/2023) tepatnya pukul 23.27 WIB Karyoto tiba di lokasi. Karyoto menggunakan jaket berwarna hitam langsung masuk melalui gerbang depan museum.


Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9/2023) malam. Hal itu disampaikan Komarudin usai meninjau langsung lokasi kebakaran.


"Alhamdulilah sejauh ini tidak ada korban dalam kejadian ini, hanya memang tadi ada petugas Damkar yang terlihat lemas atau sesak napas namun sudah kita evakuasi," katanya kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu malam.


Disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, kebakaran Museum Nasional menyebabkan empat ruangan atapnya roboh. Keempatnya merupakan ruangan pameran benda prasejarah.


"Ada empat ruangan di gedung A. Ada di sayap kanan ruangan dua, lalu di tengah ada 2 ruangan yang memang ada tempat penyimpanan," kata Komarudin di lokasi kejadian.


"Kondisi keempatnya memang roboh kalau kita lihat dari material yang cukup mudah terbakar," sambung Komarudin.


Soal kerugian, Komarudin tidak bisa mengungkapkan memastikan nilai kerugian akibat kebakaran tersebut. Menurutnya, penelitian ahli yang nantinya dapat menaksir jumlah kerugian.


Penyebab kebakaran Museum Nasional diduga karena korsleting listrik. Meski dugaan penyebabnya sudah diketahui, namun polisi akan olah TKP dan interogasi 6 saksi untuk mendalami penyebab kebakaran Museum Nasional Indonesia.


"Iya, ada (olah TKP hari ini)," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Minggu (17/9/2023).


Komarudin menyebut, olah TKP akan dilakukan pihaknya dengan menggandeng tim Pusat Laboratorium Polri (Puslabfor) dan tim investigasi yang dibuat oleh pengelola Museum Nasional Indonesia.


"Hari ini akan turun tim labfor dengan tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum," kata dia.

** 

 Advertisement Here
 Advertisement Here