-->

Forum Belajar Bersama Polda Papua, Karo SDM: Tingkatkan Kapasitas Personel Menjelang Pemilu 2024


 


Jayapura - FBINEWS 


Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua menggelar Forum Belajar Bersama sebagai bagian dari Program Quick Wins Presisi 2023, Kamis (23/11/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rastra Samara Polda Papua Lama pada ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personel, menjadikan Polri yang presisi dan unggul dalam mengawal serta mengamankan pemilu damai menuju Indonesia Maju.


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro SDM Polda Papua, Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si, yang dalam sambutannya menyampaikan urgensi pemahaman wawasan dalam menempatkan jabatan, baik bagi personel perwira pertama (Pama) maupun perwira menengah (Pamen). Ardana juga menyoroti pentingnya pembangunan di Papua, di mana tugas manajerial dihadapkan pada tantangan untuk memanfaatkan keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia.


"Pesatnya pembangunan di Papua mengharuskan kita untuk tidak merasa tertinggal. Kita sebagai supervisor atau manajer perlu memanfaatkan segala keterbatasan dengan sumber daya yang ada. Kenali lingkungan, kenali potensi, jangan hanya melihat tantangan, tapi jadikan itu peluang," ujar Ardana.


Dalam rangka menuju pemilu damai, Forum Belajar Bersama ini menghadirkan pemateri dari Komnas HAM Papua, Kabid Propam Polda Papua, dan perwakilan Karo Ops Polda Papua. Mereka memberikan pemahaman tentang kondisi politik dan situasi di Papua menjelang tahun politik 2024.


Karo SDM Polda Papua menyampaikan salam sejahtera kepada seluruh peserta, mewakili Irwasda, Kabid Propam, Kabag Binkar, para pamen, dan perwira yang hadir. Ia mengingatkan akan dampak global terhadap Kamtibmas di Papua, seperti perang di Gaza dan Ukraina yang turut memengaruhi situasi di Indonesia.


"Penting bagi anggota Polri untuk memiliki tiga kompetensi, yaitu Kompetensi Teknik, Kompetensi Etis, dan Kompetensi Kepemimpinan. Setiap langkah kebaikan, sekecil apapun, akan membawa perubahan besar," tegas Karo SDM.


Ia juga memberikan pesan khusus kepada personel yang baru ditempatkan di Polda Papua, agar sesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan masyarakat Papua. Menyambut Pemilu 2024, ia mengajak semua anggota untuk bersama-sama menciptakan kedamaian dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here