-->

Harga Mati Anggota Polda Malut Jamin Netralitas Dalam Pemilu Mendatang


 

Ternate - FBINEWS


Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Brigjen Pol. Samudi, menegaskan bahwa Netralitas Anggota Polri merupakan Harga Mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, Saptu (30/12/2023).


Hal tersebut disampaikan jenderal bintang satu tersebut saat memaparkan Rilis Akhir Tahun Polda Maluku Utara tahun 2023 di Red Corner Resto Ternate.


Netralitas Polri sudah diatur jelas dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri dalam pasal 28 ayat (1) dan Ayat (2) bahwa Polri bersikap netral dalam politik dan tidak melibatkan diri pada politik praktis serta anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.


Selain itu, Netralitas Polri juga diatur dalam PP Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri dalam Pasal 5 huruf B, kemudian diatur lagi dalam PP 7 Tahun 2022 pasal 4 huruf H.


"Divisi Propam Polri juga sudah menerbitkan beberapa Surat Telegram Petunjuk dan Arahan terkait Netralitas Polri". Ujarnya.


Polda Maluku Utara juga sudah melakukan asistensi hampir diseluruh Polres jajaran guna memastikan bahwa seluruh personel paham dan mengerti aturan, sehingga tidak ada pelanggaran dalam pengamanan Pemilu 2024.


"Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Polda Maluku Utara yang telah bekerja keras dalam menjaga stabilitas Kamtibmas selama Tahun 2023". Katanya.


Lebih lanjut ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama menjaga situasi Kamtibmas jelang Pemilu 2024.


"Saya juga mengajak teman-teman pers untuk mengambil peran menjaga Kamtibmas dengan selalu memberikan pemberitaan-pemberitaan yang menyejukkan," tutupnya. 


ILON HI.M MARSAOLY

 Advertisement Here
 Advertisement Here