-->

Jelang Pemilu, Bhabinkamtibmas Diharapkan Mampu Jaga Stabilitas Keamanan-Ketertiban Masyarakat

 



Sulbar - FBINEWS 

Memberikan arahan dalam rapat koordinasi Bhabinkantibmas dengan tema “Bhabinkamtibmas Polda Sulbar Presisi siap mengawal, mengamankan dan sukseskan Pemilu Damai Tahun 2024”, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar para Bhabinkamtibmas di seluruh jajaran Polda mampu menjaga stabilitas kamtibmas dan merespon harapan masyarakat, Rabu (31/1/24) di Aula Marannu.

Sesuai dengan perkap no 7 tahun 2021 tentang bhabinkamtibmas memiliki peran dalam menjaga kamtibmas dilingkungan masyarakat, serta sebagai pembina, motivator, sebagai pusat informasi bagi masyarakat di desa/kelurahan, kata Kapolda bhabinkamtibmas juga dapat menjadi konsultan hukum dalam rangka penegakan hukum yang berkeadilan (Restorasi Justice) sehingga masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat dapat dipecahkan/dicarikan solusinya (problem solving).

Saat ini kita sedang berada di masa pesta demokrasi pemilu tahun 2024, untuk itu diharapkan kepada para bhabinkamtibmas dapat menciptakan rasa aman diwilayah tempat tugasnya dan bersikap profesionalisme serta mengedepankan netralitas sehingga kehadiran bhabinkamtibmas dapat menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat, tutur Kapolda.

Tahun 2024, lanjut Kapolda merupakan tahun politik dimana peran personil bhabinkamtibmas sangat diharapkan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi secara aman dan kita dapat menhindari konflik yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, personil bhabinkamtibmas perlu mewaspadai dan mengetahui tahapan-tahapan pemilu/jadwal pemilu serta potensi kerawanan kamtibmas sebelum, selama dan setelah pelaksanaan pemilu tersebut, para bahabinkamtibmas harus membangun sinergitas dengan instansi lain untuk dapat bekerja sama dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman.

Tak hanya itu, bhabinkamtibmas juga diharapkan dapat memiliki wawasan pengetahuan tambahan agar dapat memberikan motivasi, mendorong warga masyarakat di wilayah penugasannya untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, bidang kesehatan dan ketenagakerjaan agar masyarakat memiliki pemahaman dan merubah pola pikir sehingga menjadi lebih baik pada masa mendatang.

Bersamaan itu, selain kegiatan silahturahmi yang aktif dilakukan Bhabinkamtibmas juga harus on time dalam menerima permasalah warga dan selalu melaksanakan patroli rutin agar masyarakat merasa nyaman aman dengan terlihatnya Polisi Bhabinkamtibmas yang hadir ditengah tengah warga setiap saat.

“Bhabinkamtibmas harus dapat memberikan kedekatan serta wujud kemitraan yang real kepada warga masyarakat dengan kepolisian dalam menjaga kamtibmas khususnya di puncak Pemilu 2024,” tutup Kapolda.

Turut hadir dalam rapat koordinasi itu, Wakapolda Sulbar Brigjen. Pol. Rachmat Pamudji, Irwasda Polda Sulbar Kombes. Pol. Aloysius Suprijadi, DirBinmas selaku penanggung jawab acara dan seluruh pejabat utama serta bhabinkamtibmas polda sulbar dan jajaran.*
 Advertisement Here
 Advertisement Here