-->

Korban Banjir di Posko Rokan Hulu Dapat Trauma Healing


 

Rokan Hulu - FBINEWS


Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, ikut memperhatikan nasib anak-anak yang menjadi korban banjir di Desa Kasang Mungkal, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).


Ia mengirimkan tim trauma healing, untuk dapat memberikan pendampingan psikis.Tak hanya anak-anak, remaja hingga dewasa yang juga jadi korban terdampak banjir, juga bisa mendapatkan layanan pendampingan psikis tersebut.Layanan ini, tersedia di posko terpadu, dengan nama posko trauma healing.


Kapolda Riau, meninjau langsung kondisi di posko trauma healing, Rabu 10 Januari .Di sana Kapolda disambut tepuk tangan seratusan anak-anak. Sebagian besar mereka menunjukkan hasil gambarnya.Mendapat suguhan itu, Kapolda pun memuji karya mereka.Kapolda juga turut mengajak anak-anak untuk berswafoto bersama. Anak-anak terlihat senang dan ceria.


Setelah dari sana, Kapolda kemudian menyambangi Desa Sontang, masih di Kecamatan Bonai Darussalam.Kapolda ingin melihat langsung kondisi banjir di daerah tersebut.Tak hanya sekedar meninjau saja, Irjen Iqbal juga menyalurkan bantuan sosial langsung ke rumah masyarakat korban banjir dengan skema door to door.


Awalnya saat berhenti di pinggir jalan besar hendak menuju ke pemukiman masyarakat, Irjen Iqbal dan rombongan menumpang perahu karet.Sekitar 100 meter masuk ke dalam, mulai terlihat rumah-rumah masyarakat yang terendam banjir.Kondisinya jika dibanding awal-awal banjir, sudah berangsur surut.Terlihat masyarakat berdiri di depan pintu rumah mereka melihat kedatangan Kapolda Riau dan rombongan.


Kapolda lalu memilih turun dari perahu karet. Banjir pun merendam sampai sepaha mantan Kadiv Humas Polri itu.Kapolda Riau lalu mengambil paket bantuan sosial dari perahu, mengangkatnya dan menyerahkan langsung ke masyarakat.Ada beberapa rumah yang ia datangi. Dirinya menyerah bantuan secara door to door, mendatangi satu persatu rumah yang ada di lokasi.


Selain dalam bentuk sembako, bantuan yang diserahkan juga ada berupa kasur lipat dan selimut.Dalam kunjungannya ini, Kapolda turut didampingi Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, Ketua Bhayangkari Riau Nindya M Iqbal, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, sejumlah pejabat utama Polda Riau, Bupati Rohul Sukiman dan lainnya.TNI dan Polri bergabung dengan pemerintah kabupaten untuk mendedikasikan upaya bantuan kepada masyarakat yang terdampak,ujar Kapolda


Disebutkan Kapolda tersebut, ia juga memberikan memotivasi kepada masyarakat, juga kepada personel yang bertugas membantu masyarakat terkait banjir.Menurut Irjen Iqbal, sudah beberapa hari belakangan, banjir sudah mulai surut. Air sempat masuk ke dalam rumah masyarakat, namun kini sudah tidak lagi.


Irjen Iqbal mendapat laporan dari masyarakat, sebelumnya, personel Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, aktif memberikan pertolongan. Beberapa masyarakat katanya, ada yang sempat mengungsi di tempat yang sudah disiapkan. Namun, masyarakat akhirnya memilih kembali ke rumah, saat kondisi berangsur-angsur membaik.


Pada situasi politik ini, Irjen Iqbal turut mengimbau masyarakat menjaga keamanan dan kondusivitas.Menyongsong Pemilu ini, dengan tekad kita, bahwa kita ingin era atau tahun politik ini kita lalui dengan aman, damai dan kondusif," pungkasnya.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here