2021/07/20

Sambut Hari Raya Idul Adha, Panitia Masjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa Sembelih 18 Ekor Sapi dan 10 Ekor Kambing

   
TERNATE –FBINEWS.NET

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H, yang jatuh pada hari selasa (20/7/2021), warga dilingkungan Tabahawa Kelurahan Salahuddin Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), melaksanakan Sholat Ied di masjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa. Dengan Imam Sholat Samsudin Marengkeng dan Khotib Drs. Hi Harun Ginoni M.H.l.


Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, panitia qurban dan sebagian warga hadir untuk melakukan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di samping mesjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa, dan disaksikan langsung oleh pequrban.

Ketua Panitia qurban. Idham, pada Wartawan FBI News.net menuturkan, penyembelihan hewan qurban tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Dimana pada Idul Adha tahun ini panitia menyembelih sedikitnya 18 ekor Sapi dan 10 ekor Kambing. 

Sapi qurban yang disembelih ada yang merupakan kumpulan dari warga sekitar sebanyak 8 ekor secara individu, dan ada juga pemberian dari pihak warga lain sebanyak 10 ekor. Sedangkan untuk hewan qurban Kambing diberikan secara perorangan sebanyak 10 ekor.

"Jadi total keseluruhan qurbang Sapi dan kambing sebanyak 28 ekor," terangnya

Idham menuturkan, nantinya daging qurban yang sudah ditimbang dan dikemas akan dibagikan keseluruh warga yang berada dilingkungan Tabahawa.

"Semua warga tetap berhak menerima daging qurban, baik orang yang ekonominya mampu (Kaya)," katanya

Ditempat yang sama, Ketua Masjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa, Halil Umar yang biasa di sapa Aba Lil berharap. Perayaan hari raya ini dapat mencerminkan semangat kebersamaan dan kepedulian dari masyarakat Tabahawa secara keseluruhan. Dengan demikian, manfaat dari kurban itu dapat dirasakan untuk kemaslahatan umat, khususnya fakir miskin di Tanah Air. 

"Semoga kita semakin sejahtera, semakin solid, dan semakin toleransi antar-umat beragama," ucapnya

Meskipun melaksanakan penyembelihan hewan qurban ditengah pandemi covid-19, seluruh panitia yang bertugas tetap menjalankan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah, yakni dengan menggunakan masker. Dari Panitia juga menyediakan masker, untuk membagikan ke warga yang datang mengambil qurban tidak memakai masker.

Halil juga menyampaikan, kupon yang dibagi ke warga sebanyak 800 kupon, dan pendistribusian dilakukan dengan membagikan kepada warga, nantinya warga yang ingin mengambil daging qurban hanya cukup menyerahkan kupon yang sudah dibagikan panitia. 

"Masih Halil, jika semua warga sudah menerima dan ternyata ada kelebihan sisa daging qurban, maka panitia akan membagikannya keluar lingkungan Tabahawa, baik itu fakir miskin, janda ataupun kaum duafa akan diberikan," ungkapnya 

Popi Jabul, salah satu warga Kelurahan Salahuddin, mengaku bersyukur mendapat daging kurban dari Panitia qurban. Ia berharap panita qurban Masjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa, tetap dengan ikhtiarnya untuk membersamai umat.

"Terima kasih panitia qurban, terima kasih, semoga Allah membalas kebaikan kalian,"  akunya.

"Atas nama Penasihat dan Panitia Masjid Ikhtimaul Ikhwan Tabahawa, tak lupa pula mengucapkan terimakasih yang tulus kepada para pequrban yang telah mempercayakan hewan qurbannya kepada kami. Semoga Allah swt menerima ibadah qurban bapak ibu sekalian dan membalasnya dengan pahala yang berlipat serta kebaikan dan keberkahan untuk kita semua," tutur salah satu mantan Kepala RRI Ternate juga Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malut, Bpk Hi. Supardi Abdullah SH, atau yang biasa disapa Opa. (ILON HI.M Marsaoly).


EmoticonEmoticon