-->

Polda Lampung Gelar Sispamkota Wujud Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024


 

Lampung Selatan - FBINEWS 

Kepolisian Daerah Lampung menggelar simulasi Sistem pengamanan kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan pengamanan Pemilu 2024 dengan melibatkan seluruh kekuatan personel Polri dan unsur lainnya baik TNI maupun pemerintah daerah.

Kepala Kepolisian Daerah Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika di Polresta Bandar Lampung mengatakan, latihan sispamkota untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan dari satuan tugas gabungan TNI, Polri, Pol PP, Damkar dan Insatansi terkait.

“Dalam Pemilu ini, Polri memiliki peran yang sangat strategis karena Polri melaksanakan tugas pokok fungsinya yang langsung bersentuhan dengan objek pengamanan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif selama proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2024," kata dia.

Simulasi Sispamkota juga sebagai rangkaian dari penutupan Latihan Pra Operasi Mantap Brata Karakatau 2023/2024 yang dilaksanakan sejak Sabtu (14/10).

Sekitar 1400 personel gabungan Polda Lampung, TNI dan pemangku kepentingan terkait mengikuti simulasi latihan tersebut yang digelar di Pantai Puri Gading, Lapangan Korpri Provinsi Lampung dan KPU Provinsi Lampung.

Ia menegaskan, situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif merupakan syarat utama dalam menyelenggarakan pemilu 2024.

Oleh karena itu, kata dia, giat tersebut merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Polda Lampung dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi ke depannya.

"Apabila dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak berjalan dengan lancar, maka dapat berdampak pada terhambatnya kegiatan pemerintahan yang berpengaruh kepada seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya

Melalui latihan itu, dia berharap personel yang terlibat pengamanan dapat mengerti apa yang menjadi tugasnya, dan mampu berkoordinasi antar fungsi dan satuan kerja serta memahami cara bertindak pada saat menerima informasi ataupun arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan.

Adapun simulasi Sispamkota pengamanan tahapan Pemilu melalui beberapa skenario mulai dari tahap kampanye, masa tenang, tahap pendistribusian logistik, tahap pungut suara, dan tahap penetapan hasil Pemilu.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here